Jumat, 01 Oktober 2010

TERAPI BERPIKIR POSITIF – Biarkan Mukjizat dalam Diri Anda Melesat Agar Hidup Lebih Sukses dan Lebih Bahagia

           buku terapi berfikir positif ini gue liat waktu lagi di gramedia matraman .
          dan gue langsung bener bener tertarik banget sama buku ini. karena menurut gue buku terapi berfikir    positif ini bisa memberikan motivasi kpd orang orang yang mempunyai pemikiran yang negatif..

Apa yang Anda alami hari ini adalah dampak dari pikiran Anda kemarin. Apa yang akan Anda alami esok hari adalah dampak dari pikiran Anda hari ini.  Pikiran yang sedang Anda bayangkan saat ini sedang menciptakan kehidupan masa depan Anda.

Anda berpikir bisa atau tidak bisa, dua-duanya akan benar. Bila Anda berpikir bisa, insya Allah Anda bisa. Tetapi bila Anda berpikir tidak bisa, insya Allah Anda tidak bisa.

Jika Anda mengubah cara berpikir Anda, kehidupan Anda pun ikut berubah. Jika pikiran Anda berubah ke arah positif maka kehidupan Anda menuju arah yang positif. Sekali Anda dapat merangkul sepenuhnya kekuatan pikiran Anda, kekuatan itu akan mengubah cara Anda menjalani kehidupan.

Tak akan ada yang dapat menghentikan orang yang bermental positif untuk mencapai tujuannya. Sebaliknya, tak ada sesuatu pun di dunia ini yang dapat membantu seorang yang sudah bermental negatif.

Semua orang mempunyai potensi kekuatan pikiran. Tapi tak semua tahu dan mampu mengaktifkannya untuk mendapatkan manfaat yang luar biasa. Dr. Elfiky—motivator muslim dunia—tergerak untuk membantu Anda mengenal kekuatan pikiran, cara kerjanya, dan cara mengaktifkankannya  dengan mudah, murah, dan efektif.
Kekuatan pikiran Anda lebih dahsyat dari yang Anda bayangkan. Di buku powerful ini, Anda menemukan rahasia:

  • Bagaimana kekuatan pikiran akan mengubah hidup Anda sehingga Anda termotivasi kuat untuk meningkatkan kualitas berpikir Anda
  • Bagaimana dengan mudah mendiagnosis penyakit-penyakit pikiran Anda dan mengobatinya
  • Bagaimana membangun keyakinan dengan alami, dan Anda akan yakin menatap masa depan hidup Anda
  • Bagaimana merumuskan visi agar Anda lebih optimis, hidup lebih terarah, lebih efektif, dan—yang terpenting—lebih ANTUSIAS
  • Bagaimana "menginstall" suatu pikiran indah dan bahagia dalam pikiran Anda sehingga hidup Anda pun lebih indah dan bahagia
  • Bagaimana Anda akan mampu berpikir, bertindak, dan berkata dengan lebih bijak.
  • Bagaimana Anda meraih kesehatan, kekayaan, kepercayaan diri, dan kreativitas
  • Bagaimana Anda meraih hubungan positif.
  • dan lebih banyak lagi ....
Siapa pun Anda—pelajar, pengajar, dan pekerja—bacalah buku ini agar potensi Anda terbebas dari belenggu pikiran negatif. Dengan penuh semangat, percaya diri, dan optimisme, Anda pun bisa memfokuskan diri untuk membangun masa depan yang lebih cerah—kian sukses, kian bahagia.

 .
Isi buku terdiri dari 5 bagian besar yaitu: 1. Kekuatan Berpikir,  2. Berpikir Negatif,  3. Berpikir Positif, 4. Strategi Berpikir Positif, dan 5. Sepuluh Wasiat Berpikir Positif.

1. Kekuatan Pikiran
Bagian ini dibuka dengan kutipan surat Al-Dzariyat:21 yang berbunyi: “Dan (juga) pada diri kalian. Apakah kalian tidak memperhatikan”. Secara keseluruhan bagian ini menjabarkan berbagai hal yang terkait dengan kekuatan pikiran seperti pikiran memiliki proses yang kuat, pikiran melahirkan mindset dan kebiasaan, pikiran mempengaruhi fisik, perasaan, sikap, hasil, citra diri, harga diri, kondisi jiwa dan kesehatan serta intelektual, serta pikiran tidak mengenai jarak dan waktu bahkan pikiran melampaui batas waktu, hubungan pikiran dan rasa percaya diri, pikiran menambah atau mengurangi energi, hubungan pikiran dan mata rantai persepsi dan akhirnya pengaruh pikiran terhadap sistem kerja akal bawah sadar. Singkatnya, kita akan dikejutkan oleh Dr. Ibrahim mengenai sedemikian dahsyatnya ternyata pikiran yang kita miliki.
Bagian ini ditutup dengan kutipan firman Alloh SWT dalam Al-Zumar:9 yang berbunyi “Adakah sama antara orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?” serta sebuah sabda Rasulullah SAW: “Sesungguhnya ilmu itu hanya bisa didapat dengan belajar”.

2. Berpikir Negatif
Bagian berikutnya membahas mengenai berpikir negatif dari berbagai sisinya antara lain faktor-faktor yang mendorong seseorang berpikir negatif, dampak dari berpikir negatif, serta bahaya dari berpikir negatif  yang serupa dengan mengkonsumsi candu. Juga dijabarkan contoh-contoh kepribadian negatif yaitu ragu, emosional, dengki, benci, dan lain-lain yang bersumber dari pikiran negatif.
Adapun faktor-faktor penyebab berpikir negatif adalah jauh dari Alloh SWT, program terdahulu, tidak ada tujuan yang jelas, rutinitas yang negatif, pengaruh internal, pengaruh eksternal, kehidupan masa lalu, dan lain-lain. Bagian ini diakhiri dengan sejumlah pertanyaan yang akan membuat kita merenungkan apakah selama ini hidup kita selalu dipenuhi oleh pikiran-pikiran negatif atau tidak.

3. Berpikir Positif
Macam-macam berpikir positif, ciri-ciri kerpibadian positif, tiga kekuatan, tujuh prinsip berpikir positif akan dijabarkan pada bagian ketiga ini.
Macam-macam berpikir positif  antara lain berpikir positif untuk menguatkan cara pandang,berpikir positif karena pengaruh orang lain, berpikir positif karenan momen tertentu, dst.
Ciri-ciri kepribadian positif yaitu beriman, memohon bantuan, dan tawakal kepada Alloh SWT, nilai-nilai luhur, cara pandang yang jelas, dst.
Buat saya pribadi, bagian ini yang paling menarik  yaitu Piramida Kekuatan yang menggambarkan segitiga kekuatan yang terdiri dari keputusan, pilihan, dan tanggung jawab. Tiga kekuatan ini tidak bisa dipisahkan, jika dipisahkan maka akan terjadi ketidakseimbangan dan akan menimbulkan rasa frustrasi serta menjadi mangsa “tiga pembunuh” yaitu mencela, mengkritik, dan membanding-bandingkan.
Bagian ini bagi saya adalah bagian terpenting dan menjadi roh dari buku ini. Kita dapat mengubah diri kita menjadi senantiasa berpikir positif dengan membaca berulang kali bagian ini.

4. Strategi Berpikir Positif
Bagian ini menjabarkan strategi berpikir positif antara lain strategi mengubah masa lalu, strategi teladan (modelling), strategi orang lain, strategi mengubah konsentrasi, strategi redefinisi, strategi pembagian, dst.

5. Sepuluh Wasiat Berpikir Positif
Pada bagian akhir ini Dr. Ibrahim mewasiatkan 10 hal yang terkait berpikir positif yaitu keinginan yang menggebu, keputusan yang kuat, bertanggungjawab penuh, persepsi yang sadar, menentukan tujuan, dukungan dari dalam, waktu yang positif, pengembangan diri, diam dan renungan harian, dan perhatian individual dan kegiatan harian.


Berpikir itu sederhana dan hanya butuh waktu sekejap. Namun, ia memiliki proses yang kuat dari tujuh sumber yang berbeda, yaitu : orang tua, keluarga, masyarakat, sekolah, teman, media masa  dan sumber ketujuh dari pembentukan pikiran adalah diri sendiri. Pikiran akan membuat arsip memori dalam akal yang akan melahirkan mindset dan dapat mempengaruhi, intelektualitas, fisik, perasaan, sikap, citra diri, harga diri, rasa percaya diri, kondisi jiwa, kondisi kesehatan dan hasil.

Jika benar-benar ingin menjadi orang bijaksana, kita harus menyadari betul bahwa didalam diri kita ada musuh besar yaitu pikiran yang negatif. Ketika kita tahu cara menguasainya, ia akan berpihak kepada kita. Sama seperti kuda yang lepas kendali, bisa membunuh kita dengan satu tendangan. Tetapi jika kita mengajarinya,  ia akan menjadi sahabat yang bermanfaat. Ingant pikiranmu adalah perbuatanmu sendiri. Tak seorangpun di muka bumi ini dapat mengubahnya untukmu. Jadi, engkaulah satu-satunya orang yang bisa mengubah dan menjadikannya berpihak kepadamu serta membantumu agar tetap stabil dan meraih kebahagiaan.

Zeno berkata, "Hidup adalah pantulan pikiran dan keyakinan Anda. Untuk mengubah hidup, yang pertama kali harus Anda lakukan adalah mengubah pikiran dan keyakinan Anda."
Hidup yang anda jalani saat ini adalah pancaran pikiran, keputusan, dan pilihan Anda. Jika Anda rela menerima tantangan, berarti Anda telah merintis perubahan, kemajuan dan perkembangan.


Kenyataan adalah persepsi Anda. Jika Anda ingin mengubah kenyataan hidup Anda, mulailah dengan mengubah persepsi Anda. Tujuh prinsip berpikir positif : "masalah dan kesengsaraan hanya ada dalam persepsi; masalah tidak akan membiarkan anda dalam kondisi yang ada: ia akan membawa anda pada kondisi yang lebih buruk atau yang lebih baik; jangan jadi masalah, pisahkan dirimu dari masalah; belajarlah dari masalalu, hiduplah pada masa kini, dan rencanakan masa depan; setiap masalah ada solusi spiritualnya; mengubah pikiran berarti mengubah kenyataan, pikiran baru menciptakan kenyataan baru; ketika Allah menutup satu pintu, pasti Dia membuka pintu lain yang lebih baik.

Perhatikan pikiran Anda sebelum berubah menjadi konsentrasi. Perhatikan konsentrasi Anda sebelum berubah menjadi perasaan.
Perhatikan perasaan Anda sebelum berubah menjadi perilaku.
Perhatikan perilaku Anda sebelum berubah menjadi hasil.
Perhatikan hasil yang Anda dapat sebelum menentukan jalan hidup Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar